14 Februari 2011

Merpati Tinggi Kolongan

ASOKA Team Merpati adalah salah satu peternak merpati yang mencoba untuk memadukan merpati trah juara baik merpati tinggi juga balap yang sudah diakui, sehingga diharapkan akan dihasilkan merpati-merpati yang baik dan dapat menyemarakan dunia merpati terutama merpati tinggi kolongan.

1. Trah Talek

Trah TALEK merupakan burung keturunan (anak F1, cucu F2, cicit F3 dan seterusnya) dengan darah TALEK. Secara pribadi saya berpendapat seekor merpati masih bisa disebut dalam satu trah kalau punya darah atau genetik DNA minimal 12,5% atau biasanya cicit (F3), bisa juga generasi ke 3,4,5 dst tetapi mempunyai darah/genetik DNA minimal 12,5%. Trah TALEK merupakan merpati yang cukup baik dan mewarnai burung burung juara di hampir semua pemain besar baik di purwokerto, cilacap, tasikmalaya sampai bandung, utamanya untuk kolongan meja juga kolong bebas di JABOTABEK.
TALEK mempunyai induk jantan bernama JENGGOT, yang mana JENGGOT juga sering juara kolongan di Purwokerto. JENGGOT disilang dengan betina top dari Pak Bawuk Purwokerto sehingga melahirkan TALEK.  TALEK mempunyai ciri yang unik karena burungnya blantong blewuk dengan mata roda (mata loro ora pada) satu mata emas dan satunya mata jawa. TALEK merupakan nama burung yang cukup ngetop di tahun 2000an tepatnya kisaran 2002, yang mana TALEK awalnya dimainkan di daerah Purwokerto dan Purbalingga (Jawa Tengah).
Menurut beberapa sumber menyatakan bahwa TALEK mempunyai kehebatan untuk JUARA dan bisa selalu JUARA disetiap burung tersebut ikut dalam lomba, sampai disuatu titik TALEK nyaris dilarang ikut lomba karena terlalu sering juara. Sehingga di daerah Purwokerto TALEK bisa dianggap burung LEGENDA, dengan prestasi yang luar biasa.
Setelah usianya cukup TALEK mulai diternak, diawal ternak hasilnya anak jantan TALEK hanya jadi burung biasa (menurut beberapa sumber hanya 1 atau 2 yang juara). Tetapi kehebatan TALEK tidak turun dianak jantan tetapi dianak betina terbukti rata rata cucu TALEK dari jalur betina bisa menjadi JUARA.
Dari anak betina TALEK kemudian cucu (F2) inilah trah TALEK mulai berkembang dan disilang cukup dekat (linebreed) dan hebatnya hasil linebreed bisa menjadi juara sehingga trah TALEK semakin berkibar.
Trah TALEK menjadi tambah terkenal setelah kemunculan burung bernama YAKUZA di serang Banten, yang mana YAKUZA sangat seringnya juara kolong meja di JABOTABEK. Beberapa info yang kami dengar YAKUZA sempat ditawar ratusan juta pada saat puncak kejayaanya di tahun 2010-2011. YAKUZA bisa mendongkrak trah TALEK karena beberapa sumber menyatakan bahwa YAKUZA mempunyai induk betina berdarah TALEK (tepatnya cicit TALEK).
Di Purwokerto sendiri YAKUZA terbagi menjadi 2 yakni YAKUZA (serang) dan NIPON YAKUZA, keduanya cukup terkenal dan keduanya berdarah TALEK.
YAKUZA (serang) awalnya bernama GARENG dan ketika dimainkan di Purwokerto burung belum juara, pada saat itu burung dibawa bersamaan dengan SIRENG. Keduanya baik GARENG dan SIRENG berdarah TALEK. Saat ini (Nopember 2014) induk jantan YAKUZA (serang) masih ada dan diternak di Purwokerto, namun Induk betina sudah diganti. Induk betina YAKUZA (serang) sudah mati, dan saat ini diganti dengan Cucu Induk jantan YAKUZA. Induk Jantan YAKUZA vs Cicit TALEK hanya mengeluarkan beberapa anak, setelah ganti betina berdarah bukan darah TALEK sampai saat ini belum mengelurkan anak yang bagus lagi, sehingga saya berkesimpulan darah/genetik DNA TALEK yang lebih dominan juara.
NIPON YAKUZA merupakan burung yang terkenal di Purwokerto setelah YAKUZA (serang) ternak, beberapa sumber menyebutkan burung burung NIPON YAKUZA berdarah TALEK dari jalur TRIAD. TRIAD sendiri adalah cucu TALEK yakni hasil persilangan Burung Balap vs anak betina TALEK. TRIAD walaupun mempunyai induk jantan burung balap, namun bisa juara kolongan berkali kali sampai beberapa kali juara berseri.
TRIAD mempunyai kakak bernama “99”, “99” merupakan induk dari SIRENG. “99” juga anak burung balap vs anak TALEK, namun bisa juara lomba merpati tinggi kolong dan cukup terkenal di Purwokerto. “99” selama di Purwokerto sempat diternak dan dijodohkan dengan adik YAKUZA
Sampai saat ini YAKUZA (serang) dan NIPON YAKUZA masih ada pandangan yang berbeda misal YAKUZA (Serang) ada yang berpendapat bukan berdarah TALEK, hanya NIPON YAKUZA yang berdarah TALEK, tetapi hasil penelusuran ke beberapa sumber menyatakan YAKUZA (serang) mempunyai darah/genetik DNA TALEK (cicit TALEK).
Di tahun 2013 keturunan TALEK masih banyak yang berkibar misalkan:
  1. MALINO (cucu TRIAD) sering juara lokalan, sempat juara 2 lomba nasional di Purwokerto, pernah ditawar puluhan juta.
  2. HOTDOG (cucu TRIAD), sering juara lokalan.
  3. BEBEK (“99”vs adik YAKUZA), sering juara lomba kolongan sempat ditawar 25jt
  4. BONI (Anak TRIAD) sering juara lokalan, pernah ditawar puluhan juta.
  5. JENGGOT NAGA (cucu TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, pernah ditawar puluhan juta.
  6. PANJI (Anak TRIAD) sering juara lokalan, terjual puluhan juta, sempat pindah ke Serang Banten.
  7. dll.
Kemudian ditahun 2014 beberapa burung keturunan TALEK yang berkibar:
  1. BOTY (Anak TRIAD hasil linebreed TALEK 37.5%)
  2. ARJUNA (Anak TRIAD vs ( “99”vs Adik Yakuza) sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, terjual seharga 35jt.
  3. BALADEWA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus kakak ELEGAN, Baladewa sering juara lokalan, juara lomba nasional di Purwokerto, terjual 10jt trus pindah tangan lagi seharga 35jt, terakhir konon ditawar 75jt, posisi terakhir di Bpk Kiki Hoky.
  4. AVATAR (Cucu TRIAD hasil linebreed TALEK 25%) Juara lokalan  kurang lebih 15x, terjual puluhan juta, posisi terakhir di H.Masdar Kroya.
  5. ELEGAN (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA, sering juara lokalan, posisi terakhir di H.Masdar Kroya
  6. dll
Saat ini www.asokamerpati.com menggunakan beberapa trah TALEK menjadi indukan antara lain:
Jantan:
  1. PERDANA  (anak TRIAD vs anak adik “99”,  hasil linebreed TALEK 31.2%)
  2. JAWA  (( “99” vs adik YAKUZA) vs Citra , dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
  3. THOSIBA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA dan ELEGAN
  4. MENTARI (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA dan ELEGAN
  5. AVATAR JUNIOR (AVATAR vs ANAK BOTY, hasil linebreed TALEK 28.1%)
  6. MARIOT JUNIOR (cucu Baladewa, dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
Betina:
  1. CUCU TALEK (anak Talek vs anak Junior Leonard BALAP, dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
  2. KAKAK BALADEWA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA dan ELEGAN
  3. BUNGA (Cicit TRIAD hasil linebreed TALEK 15%) merupakan adik JENGGOT NAGA sekaligus Adik BALADEWA dan ELEGAN
  4. ANAK BALADEWA (Baladewa vs anak Boty, linebreed TALEK 22%)
  5. CUCU BALADEWA (cucu Baladewa, dengan darah/genetik  TALEK 12,5%)
  6. MAMA JANOKO ((anak Triad vs (“99”vs Adik YAKUZA)) vs BACIL), hasil linebreed TALEK 23%)

2 komentar: